Saturday, December 3, 2016

CONTOH

SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG
KONFERENSI KASUS

A. Topik permasalahan                         :

  • membahas kasus narkoba yang dialami siswa  X

B. Bidang Bimbingan                            :

  • Bimbimgam sosial

C. Jenis Layanan                                  :

  • Konferensi kasus

D. Fungsi Layanan                                :

  • pengentasan

E. Tujuan Layanan                                :

  • untuk  Menghasilkan keputusan cara terbaik bagi pemecahan  masalah yang dialami siswa

         
F. Sasaran Layanan                              :

  • siswa Kelas XI.Ia SMA Negeri 2 Curup

G. Gambaran ringkas masalah               :

  • Seperti biasa setiap habis pelaksanaan upacara, para wali kelas melakukan pengeledahan  terhadap semua siswa baik itu didalam tas maupun disaku dan tidak terkecuali video dalam handphone. Namun kali itu wali kelas mendapati seorang siswa membawa sejenis obat-obatan yang mencurigakan, dan setelah diperiksa secara teliti itu adalah narkoba, awalnya siswa yang berinisial X tidak mengakui namun setelah ditakut-takuti akhirnya siswa tersebut mengakuinya bahwa itu adalah obat terlarang “narkoba” siswa X juga mengakui dari mana barang haram tersebut ia dapatkan.

H. Tempat Penyelenggaraan                  :

  • Diruang BK

I.   Waktu,Tgl,Semester                        :

  • 26 APRIL 2009 Semester 1

J . Penyelenggara Layanan                    :

  • Konselor Sekolah

K. Konsultan                                        : -
L. Pihak-pihak yang disertakan                   : 
  • Kepala sekolah atau Koordinator BK/Konselor mengundang para peserta konferensi kasus, baik atas insiatif guru, wali kelas atau konselor itu sendiri. Mereka yang diundang adalah orang-orang yang memiliki pengaruh kuat atas permasalahan dihadapi siswa (konseli) dan mereka yang dipandang memiliki keahlian tertentu terkait dengan permasalahan yang dihadapi siswa (konseli), seperti: orang tua, wakil kepala sekolah, guru tertentu yang memiliki kepentingan dengan masalah siswa (konseli), wali kelas, dan bila perlu dapat menghadirkan ahli dari luar yang berkepentingan dengan masalah siswa (konseli), seperti: psikolog, dokter, polisi, dan ahli lain yang terkait.


M. Bahan Dan keterangan dalam pertemuan      :

  •  data konselinng
  •  Data penyelenggaraan
  •  Absensi Siswa

N .Penggunaan Hasil Konferensi Kasus        

  • konferensi menyimpulkan beberapa rekomendas/keputusan berupa alternatif-alternatif untuk dipertimbangkan oleh konselor, para peserta, dan siswa (konseli) yang bersangkutan, untuk mengambil langkah-langkah penting berikutnya dalam rangka pengentasan masalah siswa  (konseli).


O. Rencana penilaian & tindak lanjut layanan :

  •      Keputusan yang diambil dalam konferensi bukan  bersifat     “mengadili” siswa yang bersangkutan,
  •      Menggunakan hasil analisis untuk melengkapi datadan memperkuat komitmen penanganan kasus
  •      Intensitas Pengentasan masalah

P. Keterkaitan Layanan ini dengan kegiatan Pendukung :

  • Setiap proses dan hasil konferensi kasus dicatat dan diadminsitrasikan secara tertib dan hasil layanan dimasukan  dalam Himpunan data


Q. Catatan Khusus            

  • Dalam kondisi apa pun, kepentingan siswa (konseli) harus diletakkan di  atas segala kepentingan lainnya. Dan Peserta konferensi kasus menyadari akan tugas dan peran serta batas-batas kewenangan profesionalnya.


                                                                                             

                                                                                                            Curup, 26 april 2009
                                                                                                            Perencana Layanan


                                                                                                            ( Toni Hartono, S.Pd.)

No comments: